Program Studi
Teknik Informatika

DOSEN DAN STAF

Agustinus Rudatyo Himamunanto (Pak Anto)
Kepala Pusat Komputer (Puskom) UKRIM
Pengelola Pusat Studi Multimedia UKRIM
Dosen UKRIM sejak 1997
Pendidikan
M.Kom Universitas Gajah Mada, Yogyakarta 2004
SSi, Ilmu Komputer, Universitas Kristen Immanuel, Yogyakarta 1997

Bidang minat/ penelitian
Multimedia, Jaringan Komputer
Mata kuliah ampuan
Teknik Animasi, Pengolahan Audio Digital, Pengolahan Citra Digital, Computer Graphic, Pengolahan Video Digital, Sistem Penglihat Komputer, Jaringan Komputer, Sistem Digital

Pak Anto adalah pencinta alam. Pada masa kuliahnya ia sangat akktif sebagai anggota Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) UKRIM, dan sekarang tetap membimbing para anggota Mapala UKRIM. Camping, mountain climbing, caving, backpacking adalah hobinya. Puncak gunung Semeru (3676 m), gunung Slamet (3428 m) dan gunung Kerinci (3805 m) sudah pernah ditaklukkannya. Pak Anto juga bersemangat menjadi warga yang baik dan selalu aktif berpartisipasi dalam upaya pengembangan desanya. Semua dibuat ceria adalah semboyan yang sering diterapkan dalam kehidupannya.
Febe Maedjaja (Ibu Febe)
Dekan Fakultas Sains dan Komputer UKRIM
Dosen UKRIM sejak 1987 (on leave to Nepal 1993-2008)
Pendidikan
MSc, Computer Science, Iowa State University, Iowa, USA 1983
BSc, Mathematics, Computer Science, The University of Tulsa, Okalahoma, USA 1981



Keahlian dasar Ibu Febe adalah pemrograman dan basis data, tetapi sekarang dia sangat bersemangat mengajar Bahasa Inggris yang merupakan penunjang yang sangat penting bagi para ahli Teknologi Informatika pada era global saat ini. Ibu Febe sangat senang berenang (sering), bermain basketball (jarang), membaca, dan belajar bermain piano tanpa guru. Mengunjungi toko buku bahasa Inggris adalah kegiatan yang berbahaya, karena ia bisa berbelanja tanpa direncanakan. Meski bukan anggota resmi komunitas bike to work namun ia gemar bersepeda ke kampus. Ibu Febe juga senang berdiskusi tentang apa saja dengan para mahasiswa secara pribadi mau pun dalam kelompok kecil. No pain, no gain,God is able dan Joy comes! membantunya melalui masa-masa sulit.
Gogor Chrismass Setyawan (Pak Gogor)
Kepala Program Studi Teknik Informatika UKRIM
Sekretaris Prodi 2004-2012
Kepala Lab Komputer
Dosen UKRIM sejak 1998
Pendidikan
M.Cs. Universitas Gadjah Mada 2009
SSi, Ilmu Komputer, Universitas Kristen Immanuel 1997
Bidang minat/ penelitian
System Programming, Robotic
Mata kuliah ampuan
System Programming (Assembler, Microcomputer), Teknik Pemrograman, Database, Software Engineering

Pak Gogor menikmati saat-saat dimana mahasiswa asyik belajar, dan berupaya untuk terus meningkatkan skill mengajar dengan pendekatan-pendekatan yang mudah dicerna oleh mahasiswa. Ia gemar merancang alat-alat elektronika digital serta browsing internet untuk mengumpulkan e-book dan artwork, serta jogging setiap hari untuk menjaga kesehatan. Hobi dan kemampuan menyanyinya digunakan untuk melayani jemaat di GBI Alithea Yogyakarta. Putra-putrinya beruntung karena ayah mereka mau berenang bersama mereka secara teratur dan melakukan antar jemput ke sekolah. Genteng dan keramik lantai di rumahnya pun adalah hasil pekerjaannya sendiri. Pak Gogor mendedikasikan hidupnya di UKRIM karena ini merupakan janji pribadinya kepada Tuhan.
Hans Jurgen Beling (Pak Hans)
Project Manager di Software Institute of UKRIM
Dosen di UKRIM 1995-2000, dan 2010-sekarang
Pendidikan
MSc University of Applied Sciences, Stuttgart, Germany 2005
Dipl.Ing. Fachhochschule Furtwangen, Germany 1992
Mata kuliah ampuan
Teknik Pemrograman, Pemrograman Java, Database
Bidang minat/ penelitian
Database, Java Enterprise programming

Kegemaran membuat alat-alat sendiri dan memperbaiki apa yang rusak adalah bukti nyata dari jiwa insinyur Pak Hans. Namun, karena lapangan kerja dalam bidang software sangat banyak dibandingkan dengan hardware di Indonesia, ia jadi menekuni bidang pemrograman. Pak Hans datang ke Indonesia untuk melayani Tuhan dengan menggunakan profesinya. Dengan keahliannya di bidang TI ia dapat berkontribusi melengkapi visi misi Prodi TI di UKRIM. Hidup di Indonesia sangat menyenangkan, karena masyarakat Indonesia sangat ramah, UKRIM sudah seperti keluarga besar baginya, disini ia bisa makan ayam bakar yang sedap, dan terutama kerena Pak Hans menikah dengan Ibu Neni yang mempunyai jalur insider sebagai orang Jawa. Pak Hans hobi bermain drum, berenang untuk menjaga kesehatan, bersepeda saat tidak hujan, dan menikmati berkat ketika mempersiapkan renungan dari firman Tuhan. Kehidupan Pak Hans dibimbing oleh keyakinannya akan apa yang benar, dan oleh motto Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga.
Haeni Budiati (Ibu Heni)
Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan FISKOM UKRIM
Kepala Prodi TI UKRIM 2000-2012
Dosen UKRIM sejak 1994
Pendidikan
M.Kom. Universitas Gadjah Mada 2002
SSi, Ilmu Komputer, Universitas Kristen Immanuel 1994

Bidang minat/ penelitian
Applied Mathematics
Mata kuliah ampuan
Riset Operasi, Metode Heuristik, Matematika Diskrit

Photographic culinary tourism adalah ide kreatif Ibu Heni dalam mengkombinasikan kegemaran photography, jalan-jalan serta mencicipi makanan dalam satu kegiatan. Sehari-hari di kampus, selain mengemban tugas tridharma perguruan tinggi, ia juga menjadi tempat curhat mahasiswa dan mengurus A-Z perkuliahan dan kelulusan mahasiswa selama 12 tahun menjadi kepala program studi. Di rumah ia menjadi guru privat, tukang ojek, tukang masak, pembantu, teman main PS dll, dll untuk anak semata wayang. Ibu Heni adalah seorang coach yang sangat berambisi untuk kesuksesan anak didiknya, sedangkan untuk dirinya sendiri ia lebih memilih menikmati hidup santai dan mengalir sesuai dengan kehendak Tuhan.
Jatmika (Pak Jat)
Kepala Biro Administrasi Akademik (Adak) UKRIM
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISKOM UKRIM 2004-2008
Dosen UKRIM sejak 1996
Pendidikan
M.Kom. Universitas Gadjah Mada 2003
SSi, Ilmu Komputer, Universitas Kristen Immanuel 1996

Bidang minat/ penelitian
Sistem Informasi, Applied Mathematics
Mata kuliah ampuan
Statistik, Pengambilan Keputusan, Sistem Informasi
Metode Penelitian (di STTII, program studi MPd.K UKRIM)

Sebagai kepala Biro Adak Pak Jat sering harus kreatif mengambil kebijakan untuk membantu mahasiswa yang bermasalah administrasi berdasarkan realitas kondisi mahasiswa dan kemanusiaan tanpa menkompromikan peraturan. Hobinya memproduksi mebel kayu seperti mebel antik, peralatan kantor, meja, kursi, tempat tidur, kitchen set, lemari ternyata begitu berkembang sehingga produknya sering dipesan oleh teman-teman dan kemudian perusahaannya bahkan menjadi supplier pabrik sehingga taraf kehidupan keluarga ditingkatkan. Ia senang membangun sesuatu dari yang tidak berguna menjadi berguna. Pak Jat mendedikasikan kehidupannya di UKRIM karena keyakinannya bahwa ini adalah pekerjaan baik yang disediakan Allah bagiya. Pak Jat adalah anggota aktif di Gereja Baptis Indonesia, Jogosetran, Klaten.
Yoel Pieter Sumihar (Pak Pieter)
Programmer di Software Institute of UKRIM
Staff UKRIM sejak 2011
Pendidikan
SKom Universitas Kristen Immanuel 2011
Mkom Universitas Gajah Mada 2015 (candidat)
Bidang minat/ penelitian
Pemrograman Java Web, Liferay Portal

Pak Pieter juga gemar mobile programming dan bermaksud mendalaminya pada masa mendatang. Sehari-hari selain mengajar, Pak Pieter mengerjakan proyek-proyek pemrograman di Software Institute of UKRIM dan membimbing para mahasiswa yang bekerja praktek disana. Untuk menjaga kesehatan tubuh ia rajin main basketball dan untuk menjaga kesehatan jiwanya Pak Pieter senang travelling. Motto hidupnya adalah Kalau mau berusaha pasti bisa! sedangkan semboyan Trial and error menolongnya menjadi programmer yang kreatif.
Sunneng Sandino Berutu (Pak Dino)
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISKOM UKRIM 2014 - sekarang
Wakil Kepala Pusat Komputer UKRIM
Staff Rektor Bidang Sistem Informasi
Staff UKRIM sejak 2011
Pendidikan
M.Kom, Sistem Informasi, Universitas Diponegoro 2013
SSi, Ilmu Komputer, Universitas Kristen Immanuel 2000

Bidang minat/ penelitian
Web Programming, Forecasting Information System, Supply Chain Management, Web Semantik

Pengalaman Pak Dino selama sepuluh tahun bekerja di bagian IT di Penerbit Andi, Yogyakarta, termasuk dalam posisi terakhirnya sebagai supervisor, adalah aset yang menunjang dalam mengembangkan sistem informasi berbasis web di UKRIM. Jadi kenapa Pak Dino berpindah profesi dari seorang praktisi yang sudah mapan menjadi seorang akademisi? Pada saat ini ia bahkan harus bersusah payah menempuh program Magister Sistem Informasi Universitas Diponegoro, Semarang, agar memenuhi syarat untuk menjadi dosen di UKRIM? Semua yang susah-susah ini dijalani karena ia sangat senang mengembangkan diri dari segi intelektual, senang belajar, senang mengajar, dan senang dengan hal-hal yang baru. Pak Dino gemar bermain sepak bola dalam posisi apa pun kecuali goalkeeper, rajin jalan kaki bersama istri, dan senang menulis buku hingga satu buku komputernya pernah diterbitkan. Etika hidupnya dipengaruhi oleh tekad untuk melakukan bagianku dengan sebaik mungkin, selebihnya adalah bagian Allah, yang membuatnya bukan hanya giat bekerja, tetapi juga merasa nyaman.
Endiyas Waluya (Pak Endiyas)
Dosen UKRIM sejak 1989
Dekan Fiskom 2004-2012
Wakil Dekan Bidang Akademik Fiskom UKRIM
Pendidikan
MSi Universitas Gadjah Mada 1998
Drs Universitas Gadjah Mada 1985

Bidang minat/ penelitian
Fisika Inti, Termodinamika
Mata kuliah ampuan
Fisika Dasar

Bekerja sebagai dosen, bahkan menjadi Dekan Fiskom pada periode 2004-2012, sebenarnya adalah bentuk pengabdian religius Pak Endiyas. Ia gemar mencari-cari jurnal dan buku di internet, dan membaca beragam jenis bacaan, baik itu fiksi atau nonfiksi. Kho Ping Ho, sang pengarang cerita-cerita silat, adalah pengarang favorit Pak Endiyas, sedemikian sehingga putra-putrinya sehari-hari dipanggil Ling Ling dan Hang Hang. Pak Endiyas berpendapat whatever will be will be, tetapi itu bukan berarti kepasifan, namun karena ia menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan yang aktif. Ia sangat aktif di GBI Gloria Kayen sebagai ketua perancang, dan pernah mengkoordinir program pengobatan gratis di daerah-daerah.
Liefson Jacobus (Pak Liefson)
Dosen UKRIM sejak 2002
Kepala Laboratorium Fisika Dasar UKRIM sejak 2004
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan
Pendidikan
MSc Universitas Gadjah Mada 2013
SSi Universitas Kristen Immanuel 2001

Bidang minat/ penelitian
Elektronika dan Instrumentasi
Mata kuliah ampuan
Matematika

Pak Liefson senang melayani orang lain dalam berbagai bentuk. Sebagai contoh, ia memberikan les Matematika dan Fisika kepada siswa SMP dan SMA kepada anak-anak tetangganya secara gratis. Ia suka menyanyi, bermain gitar, bermain bulutangkis, dan menyukai tahap terakhir dalam proses masak memasak, yaitu tahap makan. Tema hidupnya adalah �Utamakan Selamat dan Benar.�
Tertius Soediyono (Pak Yon)
Dosen UKRIM sejak 1994
Pendidikan
D.Min STBI Semarang
MA Missiologi STII Surabaya
Drs Universitas Kristen Satya Wacana
Mata kuliah ampuan
Pendidikan Agama, Filsafat Agama

Bidang minat/ penelitian
Ilmu Pendidikan

Pak Yon bertahan mengajar di UKRIM karena lingkungan kerja yang menyenangkan; ramah, komunikatif, ada hubungan persaudaraan antar dosen dan karyawan, atasan dan bawahan mempunyai hubungan yang dekat, dan mahasiswa bersikap hormat terhadap dosen. Bagi Pak Yon memajukan mahasiswa dari latar belakang yang minim adalah suatu tantangan, dan untuk itu ia ingin hidup seperti Yesus yang penuh belas kasihan, mengasihi, panjang sabar, rela menderita. dan selalu membahagiakan orang lain. Semangat belajarnya didasari oleh semboyan Lifelong Education, dan dibuktikan dengan terlibatnya Pak Yon sebagai mahasiswa S3 di STBI Semarang sejak Agustus 2011 walau pun usianya sudah 75 tahun. Ia sedang meneliti Pengaruh Matakuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar terhadap Perilaku Mahasiswa Prodi Fisika. Di luar kegiatan akademik Pak Yon aktif sebagai penasihat di gerejanya, sebagai pemimpinan kelompok pembinaan warga di rumah-rumah, sebagai (seminggu sekali) penulis freelance dalam majalah Bahana dan cerpen di Djokolodang. Pak Yon pernah Juara I Journalistik Penerbit Andi (Angkatan I).
Emerita Setyowati (Ibu Eme)
Dosen UKRIM sejak 2013
Pendidikan
M.Sc. Fisika, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 2013
S.Si. Fisika, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 2009

Bidang minat/ penelitian
Fisika Citra
Mata kuliah ampuan
Fisika Dasar, Matematika, Fisika Citra, Praktikum Fisika, Mekanika, Biologi
Hobi membaca, mendengarkan musik dan menulis yang dikombinasikan dengan passionnya dalam ilmu Fisika mengantarkan Ibu Eme menjadi seorang script writer pelajaran ilmu Fisika yang kreatif. Ibu Eme menuliskan script buku komik berjudul Empat Dunia Satu Ukuran (2011), Warna Karsinogenik (2011), Wright Flyer(2012), Jembatan Penyelamat (2012), dan Melintasi Sangihe Talaud (2013), serta menulis ide cerita komik Menangkap Petir (2013) untuk seri komik pembelajaran Fisika bagi Sekolah Menengah Pertama yang diterbitkan oleh Depdiknas. Ibu Eme adalah juga script writer animasi pembelajaran Fisika SMP yang diterbitkan oleh Diknas berjudul Penjahat yang Terjebak. Melalui program MAGIS, sebuah program pendalaman spiritualitas Ignasian dan pengolahan pengalaman hidup sehari-hari, Ibu Eme belajar untuk menemukan Tuhan dalam segala sesuatu. Motto hidupnya adalah Duc in Altum yang berarti Bertolak ke Tempat yang lebih Dalam.
Debora Dian Kristiana(Mbak Dian)
Tata Usaha Fakultas Sains dan Komputer UKRIM
Karyawan UKRIM sejak 2014
Pendidikan
SE Ekonomi Manajemen Universitas Kristen Immanuel 2003

Mbak Dian adalah bagian yang integral dalam fakultas. Ia menjadi jembatan antara mahasiswa dan dosen, melayani semua yang berhubungan dengan surat-menyurat dan dokumen-dokumen, serta memperlancar jalannya roda kegiatan fakultas dengan menata administrasi dengan rapi dan efisien. Mbak Dian ingin belajar Bahasa Inggris, dan senang dengan exposure tentang Teknik Informatika dan Fisika di Fiskom. Di samping itu, Mbak Dian sangat, sangat, menyukai seni tari. Ia pernah menjadi anggota sanggar tari Bali Saraswati, menjuarai berbagai perlombaan tari Bali, ikut dalam team misi kesenian Department Pariwisata Kabupaten Sleman serta anggota sanggar tari Bali Sekar Jepun Universitas Sanata Dharma bersama peserta-peserta dari UNY dan ISI, dan sering diundang pentas di berbagai hotel berbintang seperti Sheraton, Hyat, Puri Artha, Santika, Yogya Plaza untuk acara gathering dan pernikahan. Melalui prestasi seni ini Mbak Dian bahkan pernah menjadi pegawai dan supervisor di Carrefour. Hobi lain Mbak Dian adalah membaca topik-topik arsitektur, pendidikan, penemuan-penemuan sejarah para arkeolog, dan fashion, serta merancang pakaian dan assesori. Motto hidupnya adalah Belajar, belajar, belajar, bersyukur, bersyukur, bersyukur, dan be Positive!
Jl. Solo km 11.1
(0274) 496256
Fakultas Sains dan Komputer
Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta
email : adminfiskom@gmail.com